Solusi Monitoring Trafo Distribusi Otomatisasi

Solusi Monitoring Trafo Distribusi Otomatisasi

Latar Belakang

 Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, disadari bahwa otomatisasi jaringan distribusi telah menjadi trend dalam perkembangan sistem tenaga listrik. Jaringan distribusi, sebagai mata rantai terakhir dalam sistem transmisi dan distribusi, derajat otomatisasinya sangat erat kaitannya dengan kualitas dan keandalan pasokan listrik. Untuk itu dibuatlah pembahasan sederhana tentang kebutuhan dan solusi implementasi jaringan otomatisasi distribusi.

Trafo distribusi adalah suatu peralatan listrik untuk menyalurkan daya ke pemakai tegangan rendah secara langsung, data operasinya merupakan bagian penting dari keseluruhan data dasar jaringan distribusi. Oleh karena itu, perlu untuk memantau parameter dan status operasinya. Dalam makalah ini dibahas penggunaan GPRS sebagai sarana komunikasi untuk membangun sistem monitoring trafo distribusi. Teori bandwidth GPRS bisa mencapai 171.2Kbit/s, aplikasi sebenarnya dari bandwidth sekitar 40~100Kbit/s, untuk menyediakan koneksi TCP/IP pada saluran dapat digunakan di berbagai aplikasi seperti koneksi internet dan transmisi data.

Solusi

Kami menerima pesanan yang disesuaikan dengan kebutuhan anda, yang dapat di sesuaikan untuk memenuhi standart dengan kebutuhan perusahaan anda.

Kinerja Sistem

Peralatan transmisi mengadopsi jaringan akses nirkabel GPRS. Saat ini, teknologi jaringan GPRS sudah sangat matang. Setelah 10 tahun dikembangkan oleh operator domestik, jaringan telah mencakup seluruh negeri, bahkan daerah pegunungan yang jauh. Oleh karena itu, pembangunan jaringan tidak akan menghadapi masalah yang sulit karena titik pemantauan catu daya yang tersebar.

Modul transmisi mendukung beberapa cara pemicu online, termasuk SMS, dering dan data dan sebagainya, pelanggan dapat mengontrol peralatan secara online atau offline sesuai dengan keinginan mereka, dan akan mengirimkan informasi alarm SMS ke personel pemeliharaan secara otomatis ketika kerusakan peralatan atau tidak normal. Koneksi jaringan yang andal, penurunan pencegahan intelijen, mendukung deteksi online, mendukung pemeliharaan online, panggil ulang otomatis saat offline untuk memastikan peralatan selalu online.

Sensor dan Peralatan Pendukung

Untuk sensor yang digunakan Sistem Monitoring Sensor F3126 dan Platform aplikasi  Microthings

Kesimpulan

Aktifkan aplikasi port serial, router sama dengan modem DTU biasa, meter trafo distribusi melalui antarmuka RS232/485 untuk terhubung ke kolektor data, kolektor juga dapat terhubung dengan modul DTU melalui antarmuka RS232. DTU menerima data dan transmisi ke sistem pemantauan beban pusat data perusahaan jaringan listrik melalui jaringan, mewujudkan koneksi online real-time antara data terminal dan sistem pusat data. Jika Anda tertarik dengan solusi ini, hubungi tim sales dan marketing kami.

%d bloggers like this: