Revolusi IOT pada Industri kesehatan

Bagaimana Internet of Things dan perangkat yang terhubung memimpin revolusi kesehatan

Selama beberapa tahun terakhir, kami telah mengamati kemajuan eksponensial dalam kapasitas dan kemampuan teknologi perawatan kesehatan baru yang mewakili visi model perawatan kesehatan yang sangat berbeda.
Teknologi mendefinisikan ulang masa depan industri perawatan kesehatan. Sinkronisasi antara sejumlah besar data yang tersedia dengan bantuan komputasi awan dan layanan pembelajaran mesin memberikan wawasan dan analisis ahli dengan biaya yang relatif rendah.

Perangkat medis yang terhubung
Healthcare lebih fokus pada penemuan perangkat medis yang terhubung dan mengadopsi perangkat tersebut untuk menghilangkan kelemahan yang ada. Teknologi IoT mendapatkan lebih banyak perhatian, dan pendekatan positif sehingga perangkat yang terhubung diadopsi dengan cepat dalam ekosistem perawatan kesehatan. IoT dan perangkat medis yang terhubung akan mempromosikan satu sama lain sebagai teknologi yang saling tergantung.
Dari perangkat yang mengingatkan untuk minum obat secara berkala hingga memeriksa tekanan darah hingga berjalan-jalan atau menjaga waktu jantung. Perangkat ini membuat hidup lebih mudah dan tepat waktu dengan menerapkan langkah-langkah efektif di bawah prinsip perawatan kesehatan preventif. Aplikasi yang terhubung ke perangkat medis memiliki panduan yang membantu untuk mengetahui tentang prosedur, kiat kesehatan, dan informasi lainnya.
Tidak hanya kehidupan pasien menjadi lebih baik, tetapi perangkat medis ini juga membantu staf kesehatan. Ada termometer yang dapat digunakan, band-aids untuk mengidentifikasi waktu pemulihan luka dan alat yang berfungsi sebagai pengingat untuk mengisi ulang obat yang diresepkan dari pasien yang dirawat.
Selain itu, berbagai aplikasi sangat cerdas sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan pasien secara lisan dan terus diperbarui tentang rejimen kesehatan mereka. Aplikasi ini mengirimkan pemberitahuan kepada pasien, dan aplikasi semacam itu semakin banyak digunakan oleh mereka yang menderita penyakit biasa seperti gula darah, tekanan darah, dan pasien obesitas. Demikian pula, banyak kelompok pasien lain mendapat manfaat dari perangkat klinis yang cerewet tersebut.

Rumah Sakit Cerdas
Dengan kecepatan di mana layanan kesehatan menerima teknologi dan mewujudkan e-care, diprediksi pada tahun 2020 konsep “Rumah Sakit Cerdas” akan menjadi kenyataan.
Proses yang dioptimalkan dan terotomatisasi adalah kunci untuk mencapai rumah sakit pintar, di mana proses dibangun di atas lingkungan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan bertujuan untuk memberikan perawatan pasien yang lebih baik dibandingkan dengan layanan yang saat ini tersedia. Juga, ini bergantung pada ‘Revolusi Industri Keempat’ a.k.a. Revolusi Big Data yang mengambil kepemilikan menggabungkan data yang dihasilkan dari komputasi awan, data besar dan kecerdasan buatan yang akan menggantikan manajemen infrastruktur kritis dengan teknologi pintar.

Pemantauan dan konsultasi pasien jarak jauh
Perangkat yang terhubung mengumpulkan data kesehatan dan melalui internet, mentransfer data itu ke dokter atau menyimpannya di cloud. Selanjutnya, dengan izin pasien atau dokter, dapat diakses oleh perawatan, penyedia, perawat atau konsultan medis.
Data yang berhubungan dengan kesehatan dapat berupa apa saja yang berkaitan dengan tanda-tanda vital, tekanan darah, kadar gula, kadar oksigen, kolesterol, elektrokardiogram, dll. Dalam pengaturan pemantauan pasien jarak jauh, jika ada keadaan darurat di mana pasien membutuhkan perawatan dan pengobatan segera, ia dapat dengan mudah terhubung dengan dokter yang jauh dan memanfaatkan konsultasi real-time saat itu juga.
Untuk memberikan hasil optimal dari penerapan IoT dan perangkat yang terhubung, sektor kesehatan dan pemimpin teknologinya harus aktif dalam mengadopsi inovasi teknologi. Meskipun tidak akan terjadi dalam semalam, pengadopsi awal akan menuai manfaat dari awal.

Open chat