Sistem Monitoring Pasang Surut Air Laut Berbasis IoT

Latar Belakang:

Pasang surut air laut merupakan naik atau turunnya posisi permukaan perairan laut yang disebabkan oleh pengaruh gaya gravitasi bulan dan matahari. Pasang surut air laut menyebabkan perubahan kedalaman perairan dan mengakibatkan arus pusaran yang dikenal sebagai arus pasang, sehingga perkiraan kejadian pasang sangat diperlukan dalam navigasi laut.

Fungsi:

Sistem Monitoring Pasang Surut Air Laut Berbasis IoT yang dibangun saat ini yaitu berbasis web service, android/apple  sehingga pengontrolan dapat dilakukan secara realtime dan online melalui sebuah halaman webste ataupun handphone. Microthings dirandang untuk diterapkan langsung untuk keperluan pemantauan pasang surut air laut. Sistem yang dibuat menggunakan Arduino sebagai pengolah data dan sensor ultrasonik sebagai sensor ketinggiannnya. Sistem ini juga dapat menyediakan informasi tentang tinggi gelombang air laut yang dapat dimanfaatkan oleh pihak pelabuhan, kapal kapal dan nelayan yang melintas disekitar perairan pelabuhan tersebut, dan sebagai sumber referensi informasi bagi pihak pengelola pelabuhan, masyarakat atau adanya pihak terkait lainnya dalam mengambil keputusan atau pilihan dalam pelayaran atau keperluan lain yang terkait.

Solusi:

Penggunaan Platform Microthings merupakan salah satu solusi untuk mendapatkan data secara modern. Penggunaan website dan hanphone menjadi media modern untuk mengukur ketinggian air laut serta memonitoring jarak jauh. Data yang didapatkan dari Micrtohings secara akurat serta mendapatkan efisiensi waktu sangat terjamin sehingga tidak perlu mengukur setiap jamnya bahkan setiap menit secara otomatis oleh Microthings. Microthings berfungsi sebagai alat yang dapat bekerja dengan baik dalam pengambilan maupun mengirimkan data ketinggian pasang surut air laut melalui website, handpphone, dsb. Sehingga alat dikatakan mampu beroperasi dengan baik.

Open chat
%d bloggers like this: