Sistem Monitoring Irigasi Secara Otomatis Berbasis IoT

Sistem Monitoring Irigasi Secara Otomatis Berbasis IoT

Latar Belakang

Irigasi adalah usaha penyediaan dan pengaturan air untuk menunjang pertanian yang jenisnya meliputi irigasi permukaan, irigasi rawa, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa, dan irigasi tambak. Irigasi dimaksudkan untuk mendukung produktivitas usaha tani guna meningkatkan produksi pertanian dalam rangka ketahanan pangan nasional dan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani yang diwujudkan melalui keberlanjutan sistem irigasi.

Tujuan irigasi adalah mengalirkan air secara teratur sesuai kebutuhan tanaman pada saat persedian air tanah tidak mencukupi untuk mendukung pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman bisa tumbuh secara normal. Pemberian air irigasi yang efisien selain dipengaruhi oleh tata cara aplikasi, juga ditentukan oleh kebutuhan air guna mencapai kondisi air tersedia yang dibutuhkan tanaman.

Solusi

Kami menerima pesanan yang disesuaikan dengan kebutuhan anda, yang dapat di sesuaikan untuk memenuhi standart dengan kebutuhan perusahaan anda.

Intelligent agriculture control mainframe
Intelligent agriculture control mainframe

Kinerja Sistem

Berikut ini apa saja kinerja sistem yang terdapat pada sistem irigasi secara otomatis, berikut penjelasanya;

  1. irigasi  yang presisi
    Melalui informasi yang dikumpulkan oleh sensor, kebutuhan air tanah dinilai dan dianalisis, kemudian irigasi secara otomatis dihentikan ketika ambang batas yang ditetapkan tercapai, sehingga mencapai tujuan penghematan air dan irigasi presisi.
  2. Monitoring Center
    Pemantauan jarak jauh mendukung remote control, kontrol manual, kontrol otomatis, kontrol waktu dan mode kerja lainnya, yang dapat mengontrol semua peralatan irigasi dan menghemat tenaga kerja.
  3. Log operasi
    Sistem irigasi otomatis secara otomatis mencatat pengoperasian peralatan dan secara otomatis menghasilkan log operasi. Anda dapat melihat semua catatan operasi melalui platform cloud Microthings.
  4. Pemantauan lingkungan
    Platform Microthings memberikan pemantauan lingkungan pertanian dapat secara komprehensif, ilmiah dan benar-benar mencerminkan perubahan lingkungan dari area yang dipantau melalui terminal pengumpulan sensor, dan memberikan status kelembaban tanah dari setiap titik pemantauan.

Sensor dan Peralatan Pendukung

Sistem sensor yang digunakan adalah Sensor Intelligent agriculture control mainframe dan Platform aplikasi Microthings

Youtube

Kesimpulan

Sistem irigasi otomatis dapat digunakan dalam irigasi kebun, pemantauan lapangan, akuakultur, rumah kaca pintar dan bidang lainnya. Sistem irigasi otomatis dapat menggunakan aplikasi ponsel dan kontrol terminal PC melalui platfrom Microthings untuk melihat data secara real time.

%d bloggers like this: