Pembangkit Listrik Tenaga Surya Berbasis IoT

Sumber energi terbarukan (renewable energy) seperti energi matahari, energi angin, energi hidro adalah yang untuk masa depan sebagai sumber energi tradisional termasuk bahan bakar fosil seperti batu bara dan minyak bumi yang cepat menipis. Namun, memanfaatkan energi hijau memiliki masalah; yaitu tidak stabil. Optimasi adalah kunci untuk setiap rencana pemerintah bergerak menjauh dari sumber energi konvensional ke alternatif. Di sinilah teknologi modern seperti Internet of Things (IoT), Big Data, dan Machine Learning masuk ke dalam kunci untuk pengembangan renewable energy. Mereka membantu memanfaatkan kekuatan bersih bersama dengan optimalisasi dan dapat memfasilitasi pemanfaatan sumber daya yang lebih baik. Teknologi seperti IoT dan peralatan yang terhubung dapat membantu dalam kelancaran perangkat yang intensif energi sehingga mereka beroperasi secara efisien dan menghilangkan peningkatan permintaan daya yang tiba-tiba.

Renewable energy dari panas bumi atau geothermal merupakan salah astu sumber energy terbarukan yang memiliki kestabilan yang handal dengan cara management reservoir dan management pembangkit listrik panas bumi. Akan tetapi sumber energy dari panas bumi memiliki resiko kegagalan pengembangan yang sangat tinggi dan biaya pengembangan yang sangat tinggi juga di bandingkan dengan sumber energy terbarukan yang lainnya. Ekosistem Internet of Things disusun, di satu sisi, yang disebut objek pintar, yaitu, kecil dan perangkat fisik yang sangat terbatas dalam hal kapasitas memori, kemampuan komputasi, otonomi energi, dan kemampuan komunikasi. Di sisi lain, Internet of Things terdiri dari identifikasi tag dan kode yang memungkinkan mengidentifikasi hal tertentu dengan cara yang unik dan global.

Monitoring pembangkit listrik panel surya:
Kontrol waktu nyata dari informasi lokasi peralatan pembangkit listrik fotovoltaik dan tampilan di peta, pemantauan waktu nyata dan tampilan status pengoperasian peralatan pembangkit listrik fotovoltaik dan pengumpulan berbagai data operasional, termasuk kuantitas inverter, arus, voltase, suhu, pembangkit listrik dan data lainnya; Manajemen peralatan pembangkit listrik fotovoltaik, termasuk model peralatan, parameter peralatan, lokasi peralatan, waktu investasi peralatan dan informasi lainnya; manajemen kesalahan peralatan, mencatat informasi kesalahan, dan secara akurat didorong ke staf yang relevan, dan menghasilkan laporan statistik kesalahan untuk memfasilitasi analisis dan eliminasi staf; analisis statistik cerdas, Pembangkit listrik kumulatif, pembangkit listrik dan indeks hemat energi yang sesuai ditampilkan dalam berbagai cara seperti grafik, laporan, tabel, dll., dikombinasikan dengan teknologi analisis data besar untuk membantu pengambilan keputusan; manajemen siklus hidup, dengan cerdas mengingatkan pelanggan untuk melakukan perawatan peralatan sesuai dengan siklus perawatan atau pemeliharaan peralatan.

Open chat
%d bloggers like this: