Pembangkit Listrik Tenaga Surya Berbasis Internet of Things

Pembangkit Listrik Tenaga Surya Berbasis Internet of Things

Latar Belakang

Sumber energi terbarukan (renewable energy) seperti energi matahari, energi angin, energi hidro adalah energi masa depan sebagai sumber energi tradisional termasuk bahan bakar fosil seperti batu bara dan minyak bumi yang cepat menipis. Teknologi modern seperti Internet of Things (IoT), Big Data, dan Machine Learning masuk ke dalam kunci untuk pengembangan renewable energy. Mereka membantu memanfaatkan kekuatan bersih bersama dengan optimalisasi dan dapat memfasilitasi pemanfaatan sumber daya yang lebih baik. Teknologi seperti Internet of Tthings dan peralatan yang terhubung dapat membantu dalam kelancaran perangkat yang intensif energi sehingga mereka beroperasi secara efisien dan menghilangkan peningkatan permintaan daya yang tinggi.

Solusi

Kami menerima pesanan yang disesuaikan dengan kebutuhan anda, yang dapat di sesuaikan untuk memenuhi standart dengan kebutuhan perusahaan anda.

RS485 to 4G IoT Gateway 5
RS485 to 4G IoT Gateway 5

Kinerja Sistem

Renewable energy dari panas bumi atau geothermal merupakan salah astu sumber energy terbarukan yang memiliki kestabilan yang handal dengan cara management reservoir dan management pembangkit listrik panas bumi. Akan tetapi sumber energy dari panas bumi memiliki resiko kegagalan pengembangan yang sangat tinggi dan biaya pengembangan yang sangat tinggi juga di bandingkan dengan sumber energy terbarukan yang lainnya. Di sisi lain, Internet of Things terdiri dari identifikasi tag dan kode yang memungkinkan mengidentifikasi hal tertentu dengan cara yang unik dan global.

Sensor dan Peralatan Pendukung

Sistem sensor yang digunakan adalah Sensor RS485 to 4G IoT Gateway 5 dan Platform aplikasi Microthings

Kesimpulan

Pembangkit listrik tenaga surya adalah pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. Pembangkitan listrik dengan energi surya dapat dilakukan secara langsung menggunakan fotovoltaik, atau secara tidak langsung dengan pemusatan energi surya. Fotovoltaik mengubah secara langsung energi surya menjadi energi listrik menggunakan efek fotolistrik. Komponen utama di dalam pembangkit listrik tenaga surya meliputi modul surya, inverter, dan baterai listrik. Jika Anda tertarik dengan solusi ini, hubungi tim sales dan marketing kami Microthings.

%d bloggers like this: