Sistem Monitoring Suhu dan Kelembaban Udara

Sistem monitoring suhu dan kelembaban udara berbasis internet of things (IoT) merupakan salah satu cara mencegah terhadap kerusakan bahan material pada proses produksi pada komponen semikonduktor, karena suhu dan kelembaban udara menjadi salah satu faktor penyebab rusaknya bahan material dan berkurangnya kualitas komponen semickonduktor baik secara fisik maupun secara fungsional.

Micrthings bertujuan membuat sebuah sistem monitoring suhu dan kelembaban ruang produksi komponen semikonduktor. Platform Microthings ini memiliki beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, identifikasi kebutuhan, perancangan sistem, instalasi software dan hardware, dan pengujian sistem. Sistem yang dibuat dalam mengimplementasikan teknologi IoT (internet of things) sebagai penghubung antara node sensor dan node monitor dengan menggunakan protokol HTTP. Sistem Platform Microthings sendiri menggunakan sensor DHT22 dan microcontroller Nodemcu v.3 yang tertanam modul wifi esp8266 sebagai pengirim data melalui jaringan internet ke dalam server jaringan.

Konsep monitoring dan pengontrolan yang di sediakan oleh Paltform Microthing berfungsi untuk mengefisiensikan di setiap industri. Salah satunya yaitu, memonitoring kondisi temperature dan kelembaban ruang kontrol panel. Menghindari over heating / panas saat berlebihan di control panel, yang menyebabkan mesin berhenti sehingga bisa menyebabkan kebakar pada komponen control. Ruang control panel mempunyai fungsi dalam suatu sistem control, dimana semua part – part control berada agar terhindar dari gangguan dari  luar.   Seperti PLC (Programeble Logic Control), ataupun inverter yang membutuhkan temperature kelembaban yang stabil agar bekerja dengan maksimal dan dapat memperpanjang umur  part kontrol.

Open chat