Pemantauan Pemrosesan Kebun Teh Berbasis Internet of Things

Pemantauan Pemrosesan Kebun Teh Berbasis Internet of Things

Latar Belakang

Kualitas tanah dari kebun teh harus selalu dijaga untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Tanah yang terlalu asam akan menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang penting untuk tanaman. Ketika tanah terlalu basa juga akan mengganggu tertumbuhannya. pH tanah yang ideal untuk ditanami teh adalah sekitar 5,5 hingga 7,5. Sehingga untuk memudahkan anda dalam mengetahui kondisi tanah sewaktu-waktu, anda dapat menggunakan Agricultural weather station.

Solusi

Agricultural weather station digunakan untuk pengukuran parameter suhu atmosfer, kelembaban relatif, tekanan atmosfer, kecepatan & arah angin, radiasi matahari, cahaya, curah hujan, suhu tanah dan kelembaban. Stasiun terdiri dari berbagai jenis sensor, layar LCD, pengumpul data meteorologi, sasis, dukungan dan bagian lainnya. Ini dapat digunakan secara luas dalam meteorologi, hidrologi, pertanian, kehutanan, penelitian ilmiah dan bidang lainnya.

Agricultural weather station
Agricultural weather station

Kinerja Sistem

Dalam sistem ini, sensor oksigen tipe RS485 dihubungkan ke pengontrol Agricultural weather station melalui komunikasi serial untuk mendeteksi konsentrasi oksigen di udara sekitar. Menampilkan peringkat IP67 dan suhu operasi yang lebar, Agricultural weather station dapat dipasang untuk memantau suhu dan kelembaban internal, yang memastikan proses pengeringan daun teh dalam kondisi terbaik. Sedangkan air temperature sensor digunakan untuk memantau suhu mesin pengolah teh, untuk mencegah kerusakan peralatan akibat waktu pengoperasian yang lama. 

Sensor dan Peralatan Pendukung

Sistem sensor yang digunakan adalah Agricultural weather station dan Platform aplikasi Microthings

YouTube

Kesimpulan

Agricultural weather station akan menerima semua data yang diterima, lalu meneruskan semua data ke Microthings Cloud. Pengguna tidak hanya dapat melihat data yang divisualisasikan di website, tetapi juga mendapatkan pemantauan secara realtime dari mana saja, seperti:

  • Mengetahui kandungan oksigen di udara selama oksidasi.
  • Pemantauan suhu & kelembaban di mesin pengering teh.
  • Pantau komponen internal mesin pengolah teh untuk mencegah kegagalan peralatan.
  • Menerima alarm tepat waktu ketika kondisi lingkungan melebihi ambang batas.
%d bloggers like this: