Monitoring Pertenakan Ayam Berbasis Internet of Things

Monitoring Pertenakan Ayam Berbasis Internet of Things

Latar Belakang

Platform Microthings memiliki sistem monitoring kadar gas berbahaya, suhu dan kelembaban pada peternakan ayam. Sistem ini dapat menginformasikan kualitas udara berupa gas amoniak, gas metana, suhu dan kelembaban yang terdapat pada peternakan ayam serta memberikan pembacaan data gas yang dianggap berbahaya, suhu dan kelembaban yang tidak stabil kepada pekerja di kandang ayam dan dapat dilihat pada sebuah platform Microthings. Sistem secara umum terdiri dari sensor DS18B20 untuk mendeteksi suhu dan kelembaban di peternakan ayam, dan sensor S266 untuk mendeteksi kadar gas amoniak di kandang ayam, dan terhubung ke jaringan internet melalui Platform Microthings.

Solusi

Kami menerima pesanan yang disesuaikan dengan kebutuhan anda, yang dapat di sesuaikan untuk memenuhi standart dengan kebutuhan perusahaan anda.

Sistem Kinerja

Sistem kerja dari monitoring pertenakan ayam menggunakan sensor S266l memiliki akurasi yang sangat baik . Untuk sistem kerja keadaan suhu dikandang berjalan dengan baik karena apabila suhu <27℃ maka lampu akan menyala secara otomatis dan apabila suhu >31℃ maka kipas juga akan menyala secara otomatis. Hasil dari pengujian monitoring jarak jauh untuk memeberikan notifikasi menggunakan koneksi internet melalui Platform Microthings bekerja dengan baik karena apabila pakan dan minum kurang dari 100 gram akan memberikan notifikasi menandakan bahwa kondisi pakan dan minum hampir habis dan apabila suhu <27℃ atau >31℃ juga akan memberi notifikasi keadaan suhu pada kandang.

Sensor dan Peralatan Pendukung

Untuk sensor yang di gunakan Sistem Monitoring Sensor S266 dan Platform aplikasi Microthings

Kesimpulan

Ayam merupakan hewan ternak yang sangat populer di masyarakat. Produksi ayam sendiri dari tahun ke tahun selalu meningkat, hal ini, hal ini dibutuhkan dengan banyaknya peternak baru dan permintaan pasar yang banyak. Pengeraman dilakukan selama 14 hari. Salah satu dari beberapa faktor, salah satunya adalah tentang suhu dan kelembapan. Suhu kandang ayam yang tidak sesuai dapat mempengaruhi penurunan produktivitas dan menyebabkan kematian pada ayam. Menghemat dan minum juga mempengaruhi pemilihan. Dengan hadirnya teknologi IoT diharapkan dapat menjadi solusi mengatasi kematian pada ayam. Jadi, dalam hal ini dirancang untuk menurunkan angka kematian dengan lebih banyak pertimbangan dalam beternak ayam. Jika anda tertarik dengan solusi ini silahkan hubungi team sales dan marketing kami.

Open chat