Internet 5G akan Jadi ‘Peledak’ Tren IoT Leave a comment

Istilah Internet of Things (IoT) mulai berkumandang belakangan ini yang mengacu pada kemampuan sebuah benda terhubung ke Internet tanpa ada interaksi dari manusia. Tren IoT ini masih menanti waktu, sampai nanti hadir teknologi Internet 5G di tengah masyarakat.
“5G akan jadi peledak untuk IoT,” kata Hardyana Syintawati, VP Marketing Communications Ericsson Indonesia.
Teknologi Internet super cepat ini bisa memberi “makan” untuk semua kebutuhan perangkat yang bertugas mengantar dan menerima data via Internet.
5G akan memiliki akses dengan latensi yang rendah sehingga komunikasi antar perangkat semakin lancar dan jalur pemrosesan komunikasinya bisa bergerak lebih cepat.
Ericsson sendiri memprediksi teknologi akan hadir di tahun 2020 nanti, ketika nanti standarnya telah ditetapkan oleh badan internasional yang terdiri dari berbagai pemangku kepentingan industri Internet dan telekomunikasi.
Para ahli telah merancang agar siklus teknologi nirkabel terjadi dalam 10 tahun. 2G dirancang untuk suara, 3G untuk suara dan data, 4G untuk pengalaman Internet broadband, dan 5G akan dimanfaatkan untuk kemampuan komputasi yang menyatu dengan komunikasi di mana pun.
Di masa itu, Ericsson memprediksi ada 50 benda yang bisa terhubung ke Internet dengan jumlah 5 miliar penduduk Bumi yang memanfaatkan Internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.