Aplikasi Monitoring Irigasi Hemat Air Pertanian Berbasis IoT

Latar Belakang

Irigasi didefenisikan sebagai penggunaan air pada tanah untuk keperluan penyediaan cairan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. Meskipun demikian, suatu defenisi yang lebih umum dan termasuk sebagai irigasi adalah penggunaan air pada tanah untuk setiap jumlah (Hansen, 1992).dalam pengertian sistem irigasi pertanian.

Di abad ke-21, air menjadi sumber daya yang berharga dan langka dan bukan hanya sumber daya, tetapi juga masalah strategis yang penting bagi pembangunan berkelanjutan dari sosial ekonomi dan stabilitas jangka panjang. Metode irigasi yang berbasis pada penghematan air dan konservasi energi telah menjadi trend umum dunia. Negara-negara harus mempromosikan irigasi hemat air untuk mengatasi krisis sumber daya air dan mewujudkan modernisasi pertanian.

Sistem irigasi hemat air pertanian mengadopsi prinsip adopsi dengan kondisi lokal, yaitu memantau dan mengelola irigasi pertanian sesuai dengan berbagai daerah dan permintaan tanaman dengan teknologi sensor, 4G, dan pemrosesan data besar. Ini dapat menyediakan air kuantitatif yang dibutuhkan tanaman untuk mencapai irigasi hemat air.

Solusi

Sistem irigasi hemat air pertanian terutama terdiri dari sensor air tanah, stasiun pemantauan cuaca, kontrol katup-pompa, video, terminal kontrol pengumpulan, modul komunikasi nirkabel, sistem tenaga fotovoltaik dan platform pengelolaan dan pemantauan pertanian. Sistem ini mengintegrasikan informasi seperti situasi banjir, meteorologi tanaman dan operasi proyek sehingga memiliki fungsi pengumpulan informasi, statistik, analisis, pengendalian dan penjadwalan.

Keuntungan

1. Mengamankan sumber daya energi secara lokal dan operasi yang berkelanjutan: pemasok daya sistem membutuhkan energi matahari dan baterai litium untuk menghasilkan keluaran daya yang tahan lama dan stabil.

2. Jaringan fleksibel dan konstruksi mudah: perangkat pemantauan, perangkat kontrol dan terminal kontrol koleksi mengadopsi cara jaringan kabel. Modul komunikasi nirkabel memperbarui data ke platform pemantauan manajemen pertanian melalui 4G.

3. Kinerja dan stabilitas anti-interferensi yang kuat: anda dapat memilih secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Platform cerdas: melalui platform pengelolaan dan pemantauan pertanian, pengguna dapat membaca informasi seperti ketinggian air, aliran air, dan curah hujan secara real time, yang dapat mengelola irigasi pertanian dengan cara yang cerdas, akurat, ekonomis, dan efisien.

Open chat
%d bloggers like this: